6 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak

Membentuk kebiasaan mungkin tidak memakan waktu lebih dari tiga puluh hari tapi menyingkirkannya bisa memakan waktu bertahun tahun. Terkadang kita tidak menyadari hal-hal yang kita lakukan setiap hari secara aktif dapat mempengaruhi otak kita dan dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan kerusakan.

Berikut adalah kebiasaan buruk yang perlu dihindari agar tidak terjadi kerusakan otak:

+1. Melewatkan sarapan pagi

Terdengar sepele tetapi efek yang ditimbulkan oleh kebiasaan buruk ini sangat besar. Melewatkan sarapan menyebabkan kekurangan energi, kurang konsentrasi, dan mood yang buruk. Karena itu jika knda ingin tetap tetap aktif, makanlah sarapan yang sehat dan jangan pernah melewatkannya.

 

+2. Merokok

Inilah kebiasaan buruk yang diminati kebanyakan orang. Tapi mereka tidak menyadari bahwa merokok mengurangi suplai oksigen ke otak dan meningkatkan kemungkinan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Agar otak kamu tetap sehat, kama harus berhenti merokok sekarang, ya sekarang juga!.

 

+3. Konsumsi gula berlebih

Kita terkadang tidak sadar akan jumlah gula yang kita konsumsi. Mengkonsumsi gula secara berlebih akan mengurangi sistem kekebalan tubuh dan mengganggu perkembangan neurologis. Kontrol terhadap konsumsi gula memang sedikit sulit karena hampir semua makanan mengenadung gula dan tanpa sadar gula telah kita konsumsi secara berlebih.  Sesekali kamu boleh mempertimbangkan untuk memeriksa label makanan kamu untuk melihat kandungan gula yang terdapat pada makanan.  Apabila memungkinkan konsumsilah makanan tanpa gula.

 

+4. Tidur dengan kepala tertutup

Menutupi kepala kita saat tertidur dapat meningkatkan konsentrasi karbondioksida dan mengurangi jumlah oksigen. Hal ini menyebabkan kerusakan langsung pada bagian otak kita.  Karena itu, jangan pernah tutup kepala dengan apapun saat tidur.

 

+5. Membebani otak ketika sakit

Bila kita merasa tidak sehat, kita berpikir bahwa berolahraga akan bermanfaat seperti biasanya. Tapi penelitian telah membuktikan bahwa bekerja atau belajar saat sakit dapat merusak otak. Ini melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, karena itu hindari membebani otak saat kamu merasa tidak enak badan atau sakit.

 

+6. Mengurangi stimulasi mental dan olahraga

Agar otak kita awet muda, kita perlu terus melatihnya dengan hal hal yang membuat otak kita tetap aktif dalam berpikir. Beberapa contoh latihan yang bisa kamu coba untuk melatih otak adalah permainan puzzle, mengisi TTS, bermain catur dll. Ini akan meningkatkan kapasitas belajar sekaligus memberi efek fositip pada otak kita.

Written By
More from ipendi

8 Arti Sentuhan Pria Kepada Wanita

Sentuhan tangan adalah salah satu bahasa tubuh yang sangat umum sebagai komunikasi...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *