Siapa Bilang Micin Bikin Bodoh? Ini Penjelasannya

Mungkin kamu pernah mendengar perkataan ini atau mungkin saja kamu pernah menerima umpatan ini.

Ah Kamu Bego, Kebanyakan Makan Micin Ya?

Kalimat ini sering terdengar saat ini, bahkan meme nya banyak beredar di internet dan sering dialamatkan kepada seseorang yang agak telat mikir. Namun apakah memang benar bahwa mengkonsumsi micin bisa bikin bodoh?

 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration (FDA) menyimpulkan bahwa micin atau MSG (Monosodium Glutamat) aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek negatif yang bisa membuat seseorang menjadi bodoh. Bahkan badan ini menggolongkan bahwa micin atau MSG adalah bahan yang aman dikonsumsi.

Sudah tidak risau lagi dengan micin?

Micin atau MSG adalah bahan yang bisa memberikan rasa gurih pada makanan,  tetapi informasi yang beredar di internet justru menyebut bahwa micin bisa bikin bodoh. Bagaimana pendapat ini bisa muncul? ternyata sebagian orang mengalami alergi terhadap micin dan kemudian menuding micin sebagai bahan yang tidak sehat.

Apa kandungan micin atau MSG?

Micin atau Monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam glutamat. Glutamat termasuk dalam kelompok asam amino non esensial penyusun protein yang terdapat juga dalam bahan makanan lain seperti daging, susu, keju, ASI, sayuran dan sebagainya.

Bagaimana history micin?

Micin ditemukan oleh professor kimia Jepang yang bernama Kikunae Ikeda, beliau adalah professor  yang mengajar di Universitas Tokyo pada tahun 1908, MSG adalah garam yang paling stabil yang terbentuk dari asam glutamat, dan salah satu yang terbaik dalam memberikan rasa gurih atau umami dalam bahasa Jepang.

Apa rasa micin?

Rasa yang dihasilkan oleh micin disebut umami atau rasa gurih, rasa ini sebagai rasa ke lima diantara manis, asin, asam dan pahit. Penemuan Ikeda diawali ketika dia berhasil memisahkan glutamat (sumber umami) dari rumput laut jenis kombu yang umum dibudidayakan di Jepang sebagai bahan pembuat dashi.

Dengan menambahkan natrium, salah satu dari dua unsur dalam garam meja, memungkinkan glutamat distabilkan menjadi bubuk dan bisa ditambahkan ke dalam masakan, sehingga menghasilkan monosodium glutamat dan membuat Ikeda orang yang sangat kaya.

Bagaimana munculnya pendapat micin bikin bodoh?

Seorang doktor yang bernama Dr Ho Man Kwok merasa bahwa dia mengalami  mati rasa di bagian belakang lehernya dan kemudian menyebar di lengan dan punggungnya. Tidak hanya itu, dia merasa tubuhnya lemah dan jantungnya berdebar-debar. Kemudian Dr Kwok menulis surat kepada New England Journal of Medicine tentang penyebab dari sindrom yang dia alami setiap kali makan di restoran China di Amerika Serikat pada tahun 1968.

Dia menyimpulkan bahwa micin memiliki efek negatif pada kesehatan dan kemudian pendapta ini menyebar keseluruh dunia dan menjadi perdebatan. Beberapa mendukung dan bahkan berimbas kepada restoran China yang mulai ditinggalkan karena masakan China yang identik dengan penggunaan micin.

Fositipers tidak perlu khawatir dengan micin yah, tetapi sebaiknya kamu mengurangi konsumsinya saja. Batas aman MSG adalah maksimal 6 gram per hari. Angka yang tinggi, sementara  tingkat konsumsi MSG orang Indonesia rata-rata hanya 0,65 gram per hari.

 

Written By
More from admin

Pilihan Warna Pakaian Kesukaan Mengungkapkan Siapa Kamu

Fositipers, mungkin kamu tidak pernah menyadari bahwa kamu sering menggunakan salah satu...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *